Makalah Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pelestarian Seni dan Budaya di Kalimantan Timur



Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pelestarian Seni dan Budaya di Kalimantan Timur




Disusun Oleh:
Muchammat Agus | 11161037 | Desain Komunikasi Visual (DKV)

JL Tamansiswa, 150 B, Wirogunan, Mergangsan, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151
Tahun 2017-2018



Kata Pengantar
          Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pelestarian Kebudayaan di Klimantan Timur.
          Makalah ilmiah ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai sumber sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
          Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tatanan bahasa yang saya ketik. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki makalah ini.
          Akhir kata saya berharap semoga makalah ilmiah tentang Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pelestarian Kebudayaan di Indonesia ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi kepada pembaca.


A.    Latar Belakang
         Pendidikan yang mencakup ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, misalnya, selayaknya didasari dengan nilai-nilai dasar keyakinan dan budaya suatu bangsa, agar keyakinan itu terus terbangun dan menjadi pegangan hidup bagi warganegara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Di Indonesia, kurikulum pada Perguruan Tinggi dibangun dengan muatan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pembentukan sikap serta perilaku dan kepribadian.
          Kesenian merupakan salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya, mitos berguna dalam menentukan norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai-nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian dapat berguna untuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.


B.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah peran pancasila dalam pelestarian kesenian di Kalimantan Timur
1. Apa itu seni ?
2. Untuk apa belajar seni ?
3. Seperti apa peran pendidikan Pancasila dalam pelestarian kesenian ?
4. Bagaimana kondisi kesenian di Kalimantan Timur ?
5. Bagaimana cara efektif untuk meningkatkan pelestarian kesenian di
KalimantanTimur ?


C.      Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk memenuhi Syarat kelulusan UAS Bahasa Indonesia
2.      Memberikan pemahaman akan pentingnya pelestarian kesenian di Indonesia
3.      Mengetahui cara efektif untuk meningkatkan pelestarian kesenian di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur


D.      Pembahasan
1.        Pengertian Seni
          Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
          Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari
. Seni menurut media yang digunakan terbagi 3 yaitu :
1.     Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau (audio art), misalnya seni musik,seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun
2.     Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) misalnya lukisanposter,seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.
3.     Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang,film

2.        Kondisi kebudayaan Indonesia di dalam pelestarian kesenian
          Di zaman yang kita tempuh pada saat ini persaingan antar bangsa sangat mempengaruhi perkembangan generasi baru di Indonesia terutama di  dalam pelestarian kesenian di mancanegara. Kepribadian suatu bangsa haruslah di lestarikan oleh masyarakat yang berada di dalam suatu bangsa tersebut melaui penerapan yang mencangkup berbagai bidang keilmuan salah stunya adalah di bidang keilmuan.
          Dukungan Pemerintah tidak cukup efektif karena dari fakta yang terjadi saat ini tebukti selama lebih dari 50 tahun merdeka, kebudayaan di Indonesia sangat lambat berkembang di tambah lagi minat membaca yang masih di usahakan untuk di tingkatkan, serta kebudayaan external yang semakin maju dan tidak ingin kalah saing membuat generasi muda lebih tertarik dengan kebudayaan external. Jadi, dukungan pemerintah tidaklah cukup untuk memajukan kebudayaan tetapi kemajuan dan lenyapnya suatu kebudayaan juga menjadi tanggung jawab masyarakat yang harus sadar untuk meningkatkan kebudayaan warisan leluhurnya sendiri.
          Sedangkan di Kalimantan Timur sendiri justru tidak mempusatkan pengetahuan ke bidang seni, melainkan ke bidang-bidang yang bersifat teknologi dan industri-industi alat berat dan ringan, di tambah lagi semakin meliuasnya industri minyak di Kalimantan Timur membuktikan bahwa kurangnya kreatifas masyarakat Indonesia dalam menggunakan pemanfaatan alam yang lain membuat masyarakat tetap menggunakan cara-cara lama yang dapat merusak bumi untuk kebutuhannya sendiri.  Dalam hal ini kesenian merupakan salah satu pendukung yang sangat kuat untuk meningkatkan kepekaan terhadap kondisi alam dan juga meningkatkan kreatifitas masyarakat di Indonesia, karena suatu bangsa yang maju dapat dilihat dari kualitas seni dan budayanya.

3.    Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pelestarian Kesenian
          Pancasila memiliki peranan yang tidak begitu sesederhana pengertiaannya. Pancasila sangat luas peranannya, sehingga coba kita ikhtisarkan sebagai berikut :
1.      Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.
2.      Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.
3.      Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.
4.      Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
5.      Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi Negara Republik Indonesia.
6.      Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara.
7.      Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.
8.      Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia.
          Dengan peranan Pancasila sebagai kepribadian bangsa, maka dapat dikatakan bahwa bangsa Indonesia mempunyai ciri khas yang dapat dibedakan dengan negara lain. Jiwa bangsa Indonesia mempunyai arti statis dan dinamis. Jiwa ini keluar dalam wujud sikap mental, tingkah laku, dan amal/perbuatan bangsa Indonesia. Namun kenyataan itu berbalik 1800, yang terlihat bangsa ini sedang mengalami krisis identitas. Sikap ikut-ikutan atau penjiplakan menjadi kebiasaan yang tak terelakan lagi.
          Guna mewujudkan identitas yang khas, masyarakat Indonesia hendaknya berupaya sungguh-sungguh dalam mengarahkan akal pikiran dan kecenderungan dengan satu arah yang dibangun di atas satu azas, yaitu Pancasila. “Azas tunggal” yang digunakan dalam pembentukan identitas merupakan hal yang penting diperhatikan. Kelalaian dalam hal ini akan menghasilkan identitas yang tidak jelas warnanya.
Pancasila berperan memberikan beberapa prinsip etis kepada ilmu, sebagai berikut:
a.         Martabat manusia sebagai pribadi,sebagai subjek tidak boleh diperalat untuk kepentingan iptek,riset.
b.        Prinsip”tidak merugikan”,harus dihindari kerusakan yang mengancam kemanusiaan.
c.         Iptek harus sedapat mungkin membantu manusia melepaskan dari kesulitan-kesulitan hidupnya.
d.        Harus dihindari adanya monopoli perkembangan iptek.
e.         Diharuskan adanya kesamaan pemahaman antara ilmuan dan agamawan,yaitu bahwa iman memancar dalam ilmu sebagai usaha memahami”sunnatullah”,dan ilmu menerangi jalan yang telah ditunjukkan oleh iman. 

4.    Upaya Pelestarian Seni dan Budaya Asli Kalimantan Timur
          Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kebudayaan dan kesenian lama dan belum terjamah oleh kebudayaan asing merupakan suatu harus tetap kita pertahankan karena ini merupakan salah satu kebanggaan atas kekayaan bangsa kita, oleh karena itu supaya kebudayaan – kebudayaan asli Kalimantan Timur ini tetap ada marilah kita jaga bersama, adapun cara memelihara kebudayaan asli bangsa indonesia adalah sebagai berikut  :
1.      Mencari tahu tentang budaya dan seni di Kalimantan Timur
          Jika anda memang belum benar-benar memahami budaya Kalimantan Timur, hal yang harus anda lakukan ialah anda harus mencari tahu berbagai macam informasi yang berhubungan dengan budaya Kalimantan Timur. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melalui bermacam-macam literatur seperti buku, ensiklopedi, atau bisa juga melalui surat kabar. Apalagi, saat ini, banyak literatur yang membahas mengenai budaya dan kebudayaan sehingga anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai budaya anda.

2.    Mengikuti kegiatan budaya di Kalimantan Timur
          Untuk dapat mengenal budaya yang ada di daerah Kalimantan Timur, setelah mempelajari tentang budaya Kalimantan Timur, mengikuti kegiatan budayanya merupakan langkah yang tepat. Jika anda mengikuti kegiatan budaya ini, tentu saja anda akan lebih cinta terhadap budaya yang ada. Dalam mengikuti kegiatan budaya, sebaiknya anda terlibat langsung di dalam sebuah kontes misalnya sebab jika anda hanya mengikuti kegiatan budaya sebatas sebagai penonton atau peserta saja, anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Misalnya saja anda ingin mengikuti kegiatan budaya Banyumas seperti pementasan kentongan. Akan lebih baik jika anda menjadi pemain kentongan tersebut sebab anda akan lebih merasakan euforia kebudayaan anda. Selain itu, terlibat langsung dalam kegiatan budaya juga akan menambah kecintaan anda pada budaya anda tersebut. Anda pun akan mendapatkan sebuah pengalaman baru yang tentu saja tidak dapat dilupakan sebab kegiatan kebudayaan biasanya digelar dalam acara tertentu.

3.      Ajarkan Budaya kepada Orang Lain
          Setelah anda mengenal betul budaya Kalimantan Timur, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar akan ada makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan anda atau mengajar di sekolah.

a. Mengajar di sekitar lingkungan anda
          Untuk melakukan ini, anda bisa membuka sebuah kelas khusus budaya. Dalam kelas ini, sebaiknya siswa yang bergabung adalah anak-anak sampai remaja sebab dalam rentang umur tersebutlah, mereka akan mudah terpengaruh dengan budaya asing yang dianggap lebih kekinian. Dapat anda lihat bahwa saat ini, makin banyak anak-anak dan remaja yang tidak tahu tentang budaya mereka yang tergantung dengan peran orang tua dalam mendidik anak.  Mereka justru lebih bangga apabila mereka mengikuti budaya asing yang belum tentu baik untuk mereka. Bahkan, mereka nampak tidak peduli apabila budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka punah. Tentu saja hal ini sangat miris sebab budaya yang seharusnya mereka cintai dan lestarikan justru menjadi budaya yang tidak diperhatikan.
b. Mengajar di sekolah
Selain membuka kelas budaya di sekitar lingkungan anda, anda pun bisa berbagi pengetahuan tentang budaya dengan anak-anak sekolah. Dalam hal ini, yang mungkin dapat anda lakukan ialah dengan menjadi salah satu staf pengajar seni budaya atau bisa juga dalam ekstrakulikuler budaya di sekolah. Jika anda bukanlah seorang lulusan guru seni budaya, maka pilihan menjadi pelatih ekstrakulikuler merupakan ide yang bagus. Anda bisa menjadi pelatih di SD, SMP, maupun di SMA, hal ini tergantung pada ada tidaknya ekstrakulikuler yang mewadahi para siswa untuk mengenal budaya mereka. Beberapa ekstrakulikuler yang biasanya mengenalkan siswa terhadap kebudayaan ialah teater, musik, dan seni lukis. Jadi, anda bisa memilih salah satu ekstrakulikuler yang anda kuasai. Dengan mengajarkan budaya kepada siswa sekolah, jelas anda telah memberikan konstribusi yang cukup besar dalam melestarikan budaya kepada generasi muda yang nantinya akan mengemban tugas untuk terus menjaga budaya mereka.

E.       Kesimpulan dan Saran
A.            Kesimpulan
          Dari Rumusan masalah yang telah di bahas dalam makalah bertema Peran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa dengan judul Peran Pendidikan Pancasila Dapam Pelestarian Seni dan Budaya Kalimantan Timur yaitu:
          Maka dapat di simpulkan bahwa dari seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, yang kemudian disebut sebagai era Globalisasi, pengaktualisasian pengamalan-pengamalan Pancasila dan UUD 1945 dalam berbagai bidang dikehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sangat penting. Ini demi kebaikan dan kemajuan bersama.
          Pelestarian seni dan budaya di Kalimantan Timur dan di seluruh Indonesia  haruslah mengetuhi terlebih dahulu budaya yang telah ada sejak zaman dahulu dan setelah mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung didalam kebudayaan maka kita dapat mengatur strategi untuk mencegah atau mengurangi tampak-dampak negatif dari pengaruh budaya luar.
B.      Saran
          Menurut saya, masih banyak hal-hal di Indonesia yang perlu diperbaiki demi menyambut era globalisasi dan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Bidang-bidang dasar seperti politik, ekonomi, sosial & budaya, serta hukum harus banyak mengalami perubahan mengarah kepada yang lebih baik.
          Globalisasi tidak bisa kita hindari, tetapi kita perlu untuk tetap menanamkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 demi terciptanya Indonesia yang lebih maju namun tetap mempertahankan ciri ke-Indonesia-an-nya. Saya yakin meskipun secanggih-canggihnya perubahan zaman nanti, apabila kita tetap berpegang teguh terhadap Pancasila dan UUD 1945, maka kehidupan negara ini akan menjadi semakin baik kedepannya, aamiin.

Daftar Pustaka
·         MODUL MPK-1/2 SKS/ MODUL I-VI : KEMENTRIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BADAN PERTANAHAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL 2014

·         https://guruppkn.com/cara-melestarikan-budaya

Komentar

Postingan Populer